Kebisingan Lalu Lintas Tingkatkan Risiko Stroke - Redaksi Kita | Citizen Journalism
Headlines News :
Home » , , » Kebisingan Lalu Lintas Tingkatkan Risiko Stroke

Kebisingan Lalu Lintas Tingkatkan Risiko Stroke

Written By Unknown on Selasa, 26 Juni 2012 | 13.04


Polusi udara, kepadatan kendaraan, sedang berjalan di dekat jalanan macet atau rumah dekat jalan raya memang berimbas pada masalah kesehatan.
Kini, peneliti Denmark melaporkan satu risiko lain antara kemacetan dan masalah kesehatan. Paparan kebisingan lalu lintas dari bunyi klakson dan suara mesin kendaraan bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Duh!
Peneliti menemukan bahwa risiko serangan jantung meningkat hingga 12 persen untuk setiap kenaikan 10 desibel kebisingan lalu lintas.
Temuan ini merupakan hasil riset yang dilakukan terhadap 50.614 orang berusia 50-64 tahun yang tinggal di Kopenhagen dan Aarhus, dua kota terbesar di Denmark, selama 10 tahun.
Peneliti mencatat semua gaya hidup peserta, seperti pola makan dan aktivitas fisik selama masa penelitian. Peneliti juga memantau kesehatan peserta dan membandingkan lokasi geografis tempat tinggal peserta.
Selama 10 tahun penelitian, sekitar 1.600 orang mengalami serangan pertama dan risikonya semakin meningkat jika kebisingan lalu lintas di dekat rumah peserta.
Peneliti menduga stres memainkan peran di sini. Orang perkotaan dengan keadaan lalu lintas semrawut lebih tinggi mengalami stres daripada mereka yang tinggal di desa atau daerah pinggiran.
Stres dianggap pemicu timbulnya serangan jantung. “Suara kebisingan bisa meningkatkan stres dan tingkat kadar hormon stres, seperti adrenalin. Tekanan darah Anda juga akan mengalami kenaikan,” ungkap Dr Robert Bonow, seorang profesor kedokteran di Northwestern Feinberg School of Medicine, dilansir melalui Timehealthland (22/6).
Paparan kebisingan juga menganggu kualitas tidur seseorang, sehingga juga dapat memicu risiko serangan jantung.
Innes
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


Trending Topic

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Redaksi Kita | Citizen Journalism - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger